
Apakah bisnis Anda bertujuan untuk mendapatkan keuntungan atau nilai? Teknologi modern dan berkurangnya hambatan masuk di sebagian besar industri telah mengubah lanskap bisnis di seluruh dunia. Memulai bisnis sekarang lebih mudah dari sebelumnya dalam sejarah manusia. Namun, memulai hanyalah langkah pertama. Meyakinkan orang untuk bekerja demi bisnis atau ide produk Anda, meyakinkan pelanggan untuk membeli produk Anda dan yang paling penting meyakinkan investor untuk memasukkan uang ke dalam bisnis Anda adalah aspek yang paling menantang bagi seorang pemilik bisnis. Setelah Anda meletakkan landasan bisnis yang kuat dan menciptakan produk menarik yang ingin dibeli orang, Anda perlu mengumpulkan dana untuk mengembangkan atau menjual bisnis Anda. Meyakinkan pembeli sama sulitnya dengan meyakinkan investor untuk berinvestasi di bisnis Anda. Investor dan pembeli ingin menginvestasikan modalnya dalam bisnis yang menjawab dua pertanyaan kunci:
Apakah bisnis akan menghasilkan keuntungan dalam jangka pendek?
Atau Apakah ini dirancang untuk memberikan keuntungan dan nilai jangka panjang?
Yang ingin dilihat investor adalah nilainya dalam jangka panjang. Saat ini, investor atau pembeli ingin menaruh uang mereka pada penciptaan nilai, bukan hanya pada keuntungan jangka pendek. Mereka melihat keuntungan sebagai produk sampingan dari penciptaan nilai jangka panjang yang berkelanjutan bagi pelanggan dan pada akhirnya pemilik bisnis.
Saat Anda bersiap untuk menjual bisnis Anda, aturan praktis yang ideal adalah memberi diri Anda waktu dua hingga tiga tahun untuk memulai. Ini adalah fase ketika Anda mengoptimalkan fungsi bisnis Anda, menghilangkan inefisiensi, dan membentuk bisnis untuk kesuksesan jangka panjang.